Preservasi dan Konservasi

Preservasi adalah kegiatan yang terencana dan terkelola untuk memastikan bahwa suatu aset, baik itu kekayaan sumber daya alam, ataupun benda-benda bersejarah, agar tetap terjaga dan dapat tetap dipakai selama mungkin.
Dalam kaitannya dalam preservasi bahan pustaka, definisi preservasi kurang lebih memiliki makna yang sama namun dalam konteks yang berbeda. Preservasi bahan pustaka adalah suatu usaha yang dilakukan secara terencana dan terkelola untuk memastikan bahan-bahan pustaka dapat terpelihara dengan baik agar dapat tetap dipakai selama mungkin.
Image result for preservasi konservasi
Konservasi memiliki definisi yang mirip dan linier dengan  preservasi. Konservasi adalah sebuah usaha untuk mempertahankan (pengawetan) yang memiliki  khusus untuk mempertahankan suatu aset, dalam hal kepustakaan adalah bahan-bahan pustaka. Dalam konservasi aset pustaka, terdapat pula suatu kegiatan yang disebut dengan restorasi. Restorasi dalam kaitannya dengan preservasi dan konservasi bahan pustaka adalah sebuah usaha perbaikan terhadap koleksi-koleksi pustaka dalam arti perbaikan terhadap koleksi-koleksi pustaka yang telah aus atau rusak agar dapat difungsikan kembali dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Preservasi dan konservasi bahan pustaka memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:
  • Fungsi Perlindungan
Fungsi perlindungan adalah sebuah upaya melindungi bahan pustaka dari berbagai faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan
  • Fungsi Pengawetan
Fungsi pengawetan adalah sebuah upaya pengawetan dari bahan-bahan pustaka agar tidak cepat rusak dan dapat dimanfaatkan lebih lama lagi
  • Fungsi Kesehatan
Fungsi kesehatan adalah sebuah upaya untuk menjaga bahan-bahan pustaka agar tetap bersih dan tidak berbau pengap agar tidak mengganggu kesehatan para pembaca maupun pustakawan.
  • Fungsi Pendidikan
Fungsi pendidikan adalah sebuah upaya untuk memberikan pendidikan kepada pembaca tentang bagaimana memanfaatkan bahan-bahan pustaka dengan baik dan benar
  • Fungsi Kesabaran
Fungsi kesabaran adalah sebuah upaya untuk memelihara bahan-bahan pustaka secara sabar dan teliti guna mendukung tercapainya usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka

Fungsi sosial dalam usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka bermakna dalam melakukan tugas-tugas dalam usaha preservasi dan konservasi bahan pustaka, orang-orang yang terlibat di dalamnya membutuhkan kerjasama yang baik dengan orang lain.
  • Fungsi Ekonomi
Dengan pemeliharaan yang baik terhadap bahan-bahan pustaka, maka bahan-bahan pustaka yang telah tersedia akan bertahan lama sehingga meminimalisir anggaran untuk pengadaan bahan-bahan pustaka yang baru.
  • Fungsi Keindahan
Fungsi keindahan memiliki fokus terhadap ketersediaan bahan-bahan pustaka yang rapi dan bersih dan tidak berserakan sehingga akan melahirkan kenyamanan dalam suasana perpustakaan.
Dalam preservasi dan konservasi bahan pustaka, diperlukan peningkatan pemahaman terhadap para pegiat preservasi dan konservasi bahan pustaka seperti para pustakawan dan pihak-pihak akademisi seperti , mahasiswa, juga pihak-pihak pengajar di perguruan tinggi serta relawan pecinta kepustakaan di .

Beberapa upaya peningkatan pemahaman dalam preservasi dan konservasi pustaka ini antara lain adalah melalui pendidikan pemustaka, talkshow dan seminar, pemustakaan media, serta pemberlakuan sanksi.




Oleh :
Jerremy gading P.b

Dosen Pengampu :
Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si
Eka Ratri

Share this

Related Posts

First